Kemuliaan itu, raihlah dengan Al Quran

Allah berfirman :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) … .”. (Al Kahfi; 1)

Dalam penggalan ayat ini, Allah khususkan penyebutan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengatakan, “Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kitabNya kepada hambaNya (Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam …”, sementara telah diketahui bahwa Al Quran itu adalah rahmat bagi seluruh alam. Hal demikian adalah satu diantara sekian isyarat kemuliaan besar yang Allah lebihkan bagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas sekalian hambaNya yang lain. Dan karena kemuliaan itulah, orang-orang kafir Qurays pun merasa dengki kepada Beliau, “Kok bukan kepada Fulan atau Fulan (pembesar dan tokoh-tokoh mereka kala itu) ?”, “mengapa harus kepada dia ?”.

Rasa dengki yang menggelayut itu, lantas diabadikan oleh Allah dalam kitab Nya;

وَقَالُوا لَوْلَا نُزِّلَ هَذَا الْقُرْآنُ عَلَى رَجُلٍ مِنَ الْقَرْيَتَيْنِ عَظِيمٍ (31) أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَتَ رَبِّكَ نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَتَّخِذَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا سُخْرِيًّا وَرَحْمَتُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

“Orang-orang musyrik Mekkah berkata (setelah mengetahui turunnya al Quran kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam), “Andai saja al Quran itu benar, maka mengapa al Quran tersebut tidak diturunkan kepada seorang pembesar dari dua daerah ini (Mekkah atau Thaif). Allah berkata, “Adakah mereka yang berhak membagi rahmat Ku berupa kenabian ini kepada siapa yang mereka kehendaki ?!. Kamilah (yang berhak memberikan rahmat tersebut) sebagaimana Kami pula yang membagikan rahmat duniawi kepada mereka. Selanjutnya, Kamilah yang menjadikan sebagian mereka lebih secara duniawi di atas yang lainnya agar mereka saling bantu membantu. Namun rahmat Tuhanmu (berupa al Quran ini) adalah lebih baik, bahkan  meski dengan seluruh kenikmatan dunia yang mereka kumpulkan.”. (az Zukhruf; 31-32)

Dengan Al Quran, Allah lebihkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atas yang lainnya. Al Quran adalah karunia Allah yang istimewa. Dan Ia berkata bahwa karunia istimewa itu adalah lebih baik dari seluruh karunia lain yang telah dan akan berhasil kalian kumpulkan hingga hari kiamat. Maka siapa saja yang ingin meraih kemuliaan, hendaklah ia meraihnya dengan Al Quran.

87 dilihat
Hubungi Kami